Sabtu, 03 Oktober 2015

MONAKO




MONAKO  adalah sebuah negara kota berdaulat yang terletak di Eropa Barat. Berbatsan dengan Perancis di tiga sisi, dan satu sisi berbatasan dengan Laut tengan, pusatnya adalah sekitar 16 km (9.9 mil) dari Italia, dan hanya 13 km (81 mil) dari timur laut Nice, Perancis. Monako mempunyai wilayah 2.02 km2 )0,78 sq mil), dan populasi sebesar 36,371, dan membuat monako menjadi negara kedua terkecil, dan paling padat penduduk di dunia. titik tertinggi dari negara ini adalah jalur sempit yang bernama Chemin des Revoires di lereng gunung Mont Agel, di distrik Les Revoires, yang tingginya 161meter (528 feet) di bawah permukaan laut. Quartier terpadat di Monako adalah Monte Carlo dan Ward terpadat adalah Larvotto/Bas Moulins. Monako terkenal dengan reklamasi tanah yang sekarang meliputi, memperluas distrik Fontveille sekitar 0.08 km2 (0.021 sq mi) atau 8 ha (19.8 akre). 

Monako adalah sebuah kepangeranan yang di atur dalam monarki konstitusinal, dengan pangeran Albert II sebagai kepala negara. meskipun Pangeran Albert II raja konstitusinal, ia masih punya kekuatan politik yang sangat besar. Rumah Grimaldi telah memerintah monakso, dengan interupsi singkat, sejak 1297. Bahasa resminya adalah Perancis, tetapi Monako, Italia, dan Inggris banyak di tuturkan dan di mengerti secara luas. kedaulatan negara secara resmi siakui dalam Perjanjian Franco-Monegesque (1861), dengan monako menjadi anggota voting penuh PBB pada tahun 1993, setelah banyak perdebatan politik. Meskipun kemerdekaan monako dan kebiajakan luar negeri yang terpisah, pertahanan adalah tanggung jawab Perancis. Meskipun demikian, monako tetap mempertahankan dua unit militer, berjumlah 263 orang.

Salah satu sumber uta,a penghasilan monaki adalah pariwisata. Setiap tahun banyak wisatawan tertarik dengan kasinonya (yang warga dilarang) dan iklim yang nyaman. Pada tahun 2001, sebuah proyek kontribusi baru yang besar memperpanjang dermaga yang digunakan oleh kapal - kapal pesiar di pelabuhan utama. monako telah berhasil mendiversifikasi basis ekonomi dalam layanan dan kecil, nilai tambah tinggi, industri non-polusi, seperti kosmetik dan biotermik. 

Monako mempertahankan monopoli di berbagai sektor, termasuk tembakau dan layanan pos. Jaringan telepon (Monako Telecom) di gunakan untuk dimiliki sepenuhnya oleh negara; sekarang hanya 45% sedangkan 55% dimiliki oleh Cable & Wireless Communications (49%) dan Compagnie Monegasque de Banque (6%). Hal ini masih, bagaimanapun, monopoli. Standar hidup di monako tinggi, kira - kira sebanding dengan wilYh metropolitan Perancis. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar